Selamat Datang di Blog Berbagi Pengetahuan ! Look and Read my Post ! :)

Advertisement

.:: Daftar Isi ::.

Senin, 30 Desember 2013

Berita - Habiskan Waktu di Internet Bisa Sebabkan Kecanduan

Banyak anak - anak remaja saat ini lebih mengutamakan internet dari pada hal - hal yang lain. Bahkan ada yang sampai lupa makan cuman gara-gara hal yang satu ini. Sungguh mengerikan ! Kalau lama-lam dibiarkan, ini bisa berdampak buruk.
 

Dari salah satu website berita tentang teknologi yaitu, inilah.com memberitakan bahwa menurut para peneliti di Missouri University of Science and Technology, Duke University Medical Center, dan Duke Institute of Brain Sciences, melacak penggunaan internet dari 69 mahasiswa selama dua bulan yang dilansir VOA News. Para peneliti itu pun menemukan hubungan antara tipe penggunaan internet tertentu dan perilaku kecanduan.

Sekitar 5% hingga 10% pengguna internet menunjukkan ketergantungan pada teknologi ini. Studi penggambaran otak menunjukkan penggunaan internet impulsif dapat menyebabkan perubahan dalam beberapa jalur reward otak yang mirip dengan apa yang terlihat di otak pecandu narkoba," ujar Profesor Murali Doraiswamy, seorang pakar psikiatri dan ilmu perilaku di Duke University Medical Center, North Carolina, AS.
 

Untuk penelitian tersebut, para mahasiswa diminta melengkapi survei berisi 20 pertanyaan yang disebut Internet-Related Problem Scale (IRPS). IRPS mengukur tingkat masalah yang dimiliki seseorang akibat penggunaan internet, dengan skala 0 sampai 200.

Para peneliti juga melacak penggunaan internet di kampus oleh mahasiswa yang diteliti selama dua bulan. Mereka menemukan, kisaran skor IRPS di antara mahasiswa yang diteliti selama dua bulan berada di antara 30 sampai 134 pada skala angka 200. Skor rata-rata adalah 75.

Total skor IRPS menunjukkan korelasi tertinggi dengan gaming, chatting, dan browsing, serta yang terendah dengan email dan jaringan sosial.

Menurut para peneliti, perilaku kecanduan klasik dikaitkan dengan kegiatan internet spesifik.

Contohnya, mereka menemukan bahwa introversi terkait erat dengan gaming dan chatting; keinginan akan sesuatu terkait erat dengan gaming, chatting, dan pengunduhan dokumen; dan kehilangan kendali terkait erat dengan gaming.

Dari yang kita baca di atas bisa kita ketahui bahwa makin berkembangnya teknologi komunikasi di dunia ini, maka makin bertambah juga dampak-dampak negatif terhadap generasi muda kita pada saat ini. Untuk itu kita juga harus bisa kontrol diri dengan internet.

Dampak yang dikatakan di atas juga memang terjadi pada admin blog ini :D. Jujur admin juga terkadang sudah melebihi batas orang pengguna internet. Kalau yang dikatakan di atas bahwa mereka cenderung kehilangan kendali pada internet gaming, kalau saya lebih kepada browsing. Mencari informasi-informasi tentang teknologi dan berita tentang musik terbaru pada saat ini.

Kalau admin sudah merasakan ini, bagaimana dengan Anda ?
Berikanlah komentar Anda tentang postingan ini.
Thank's for reading !!!

Postingan ini Habiskan Waktu di Internet Bisa Sebabkan Kecanduan dikutip dari >>> http://teknologi.inilah.com/read/detail/2060028/habiskan-waktu-di-internet-bisa-sebabkan-kecanduan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Rules Comment / Aturan Komentar :
*Berkomentarlah dengan baik tanpa mengucapkan kata-kata yang tidak berkenan di hati para pengunjung blog ini dan admin.
*Komentar yang kurang baik akan di hapus tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Jika ada saran dan pendapat tentang pengembangan blog ini, anda bisa langsung menghubungi Admin via :
Email : louisleonardlengkey@gmail.com or louislengkey@yahoo.com
Facebook : https://www.facebook.com/LouisLeonardLengkey (Louis Leonard Lengkey)
"Bisa liat lecana facebook admin di sebelah kanan halaman blog ini."
Twitter : @Louis_Lengkey
BBM : 73CDE391
Line : louisleonardlengkey

Popular Posts

handphone-tablet