Selamat Datang di Blog Berbagi Pengetahuan ! Look and Read my Post ! :)

Advertisement

.:: Daftar Isi ::.

Jumat, 23 November 2012

Kimia - Korosi

Penjelasan Korosi
     Korosi adalah peristiwa teroksidasi suatu logam. Terjadinya korosi dipengaruhi oleh beberapa factor, yaitu oksigen di udara, uap air (udara lembap), serta oksida – oksida seperti SO2, SO3, NO2 dan CO2.



     Barang – barang yang terbuat dari besi akan mudah mengalami korosi karena tidak terbuat dari besi murni melainkan campuran unsur lain. Jika logam campurannya lebih mulia dari besi maka akan terjadi korosi secara terus menerus. Reaksi yang terjadi pada korosi besi adalah :
 





Cara pencegahan korosi pada besi dapat dilakukan sebagai berikut.

1. Pengecatan
          Fungsi pengecatan adalah untuk melindungi besi kontak dengan air dan udara. Cat yang mengandung timbal dan seng akan lebih melindungi besi terhadap korosi. Pengecatan harus sempurna karena jika terdapat bagian yang tidak tertutup oleh cat, maka besi di bawah cat akan terkorosi. Pagar bangunan dan jembatan biasanya dilindungi dari korosi dengan pengecatan.
2. Dibalut Plastik
          Plastik mencegah besi kontak dengan air dan udara. Peralatan rumah tangga biasanya dibalut plastic untuk menghindari korosi.
3. Pelapisan dengan Krom (Cromium Plating)
          Krom memberi lapisan pelindung, sehingga besi yang dikrom akan menjadi mengkilap. Cromium plating dilakukan denan proses elektrolisis. Krom dapat memberikan perlindungan meskipun lapisan krom tersebut ada yang rusak. Cara ini umumnya dilakukan pada kendaraan bermotor, misalnya bumper mobil.
4. Pelapisan dengan Timah (Tin Plating)
          Timah termasuk logam yang tahan karat. Kaleng kemasan dari besi umumnya dilapisi dengan timah. Proses pelapisan dilakukan secara elektrolisis atau elektroplating. Lapisan timah akan melindungi besi selama lapisan itu masih utuh. Apabila terdapat goresan, maka timah justru mempercepat proses korosi karena potensial electrode besi lebih positif dari timah.

Tags : kimia, korosi, penjelasan, penjelasan tentang korosi, pengecatan, pelapisan, krom, timah, pengertian tentang korosi, pengertian, teroksidasi, logam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Rules Comment / Aturan Komentar :
*Berkomentarlah dengan baik tanpa mengucapkan kata-kata yang tidak berkenan di hati para pengunjung blog ini dan admin.
*Komentar yang kurang baik akan di hapus tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Jika ada saran dan pendapat tentang pengembangan blog ini, anda bisa langsung menghubungi Admin via :
Email : louisleonardlengkey@gmail.com or louislengkey@yahoo.com
Facebook : https://www.facebook.com/LouisLeonardLengkey (Louis Leonard Lengkey)
"Bisa liat lecana facebook admin di sebelah kanan halaman blog ini."
Twitter : @Louis_Lengkey
BBM : 73CDE391
Line : louisleonardlengkey

Popular Posts

handphone-tablet