Selamat Datang di Blog Berbagi Pengetahuan ! Look and Read my Post ! :)

Advertisement

.:: Daftar Isi ::.

Selasa, 23 September 2014

TahuNggakTahu - 10 Link/URL yang Harus diketahui Pengguna produk Google

          Lagi surfing-surfing di internet, admin ketemu artikel atau sebuah informasi yang admin aja baru tahu kalau itu juga ada. Setelah admin baca, boleh juga admin share biar yang lain pada tahu ada beberapa internet address yang boleh juga diberitahukan kepada para penggunanya. Artikel yang admin kutip ini ditulis oleh Insaf Albert Tariga dan dipublikasikan oleh salah satu media informasi terkemuka dunia maya dunia nyata di indonesia yaitu CHIP. Dari pada lama2 mari kita simak artikelnya.


1. Yang pertama dari admin baca, katanya kita bisa buat akun Gmail tanpa harus menggunakan username berakhiran @gmail.com. Percaya nggak percaya, buka aja address dibawah ini.

https://accounts.google.com/SignUpWithoutGmail

2. Yang kedua, ternyata Google diam-diam membuat profil tentang kita berdasarkan situs yang kita kunjungi, akun Google+ anda atau kata kunci pencarian anda di Google Search. Nahh bisa bahaya nihh yang biasa nyari yang nggak bener terus masih masang akun Gmailnya saat searching ... :D. Mau lihat bagaimana profilnya ? Buka link dibawah ini.

https://www.google.com/ads/preferences/

3. Yang ketiga, Google membuat produk di mana kita bisa menyimpan dan mengunduh lagi file, dokumen, buku, foto, video, daftar kontak, dll dengan gampang dan gratis :D . Penasaran cek aja linknya.

https://www.google.com/takeout

4. Yang keempat, ini adalah tempat di mana kita bisa komplain dengan konten-konten yang kalian punya terus muncul di situs-situs lain tanpa persetujuan dari anda sendiri alias MENCURI!!! or STOLEN MY CONTENT!!! dan yang pasti masih dalam kawasan produk Google. Contohnya, Blogger, AdSense, Google+ atau Youtube. Ini biasanya sering terjadi di blog-blog yang nggak ada KREATIVITAS dan ETIKA ngepost sebuah artikel tanpa sumber, terus nggak diberi referensi alamat yang dikutip lagi, nambah lagi ngopasnya A-Z ... ... ... ... (Sorry, sedikit curhat) Kalau kalian pengen itu di hapus, cek alamat di bawah ini.

https://support.google.com/legal

5. Yang kelima, ternyata dan ternyata Google lagi-lagi dan diem-diem menyimpan data lokasi yang setiap saat di update pergerakan kita ke server Google. Dari semua updatetan itu, kita di kasih Google untuk mengecek seluruh riwayat lokasi kita yang di rekam Google ke Google Maps yang bisa di ekspor filenya menjadi KML Files yang bisa dilihat di Google Earth or Drive. Nihh alamatnya admin kasih di bawah tinggal klik.

https://maps.google.com/locationhistory

"dengan kata lain dari yang di atas, kalau pengen hidup kalian nggak di baca Google, jangan pernah pake fasilitas Google ... termasuk smartphone Android ... tapi bukan berarti admin berpihak ke produk lain, cuman ngasih tahu aja"

6. Yang keenam, terus-terusan Google menyimpan semua data kita sampai-sampai semua yang kita ketik di Google Search direkam juga. Pengen liat ? Nihh linknya.

https://history.google.com

7. Yang ketujuh, admin baru tahu juga ternyata setiap beberapa bulan sekali Google mengirimkan email yang berisi pemberitahuan kepada akun yang dituju untuk membuka akunnya setidaknya sebulan sekali. Kalau nggak, terima sendiri akibatnya :D ... Ini alamat pengaturannya.

https://www.google.com/settings/account/inactive

8. Yang kedelapan, kalian takut orang lain nggak sengaja atau sengaja buka akun Google kalian ? Ternyata lagi, Google menyimpan data log dari perangkat-perangkat mana akun Google kalian yang pernah di akses bahkan kalian juga bisa tahu alamat IP dan lokasi geografis mereka. CooL bukan ? :D Ini linknya.

https://security.google.com/settings/security/activity

9. Yang kesembilan, admin nggak bisa ngejelasin kata-kata dari Insaf Albert Tariga yang admin kutip artikelnya jadi admin ambil aja kata-katanya :D. "URL berikut ini berisi daftar semua aplikasi web, browser extensions, Google Scripts dan aplikasi mobile yang telah membaca atau menulis akses ke data Google Anda. Jika permission level mengatakan “access to basic account info”, itu berarti bahwa Anda telah menggunakan akun Google untuk login ke aplikasi tersebut." Untuk linknya ada di bawah.

https://security.google.com/settings/security/permissions

10, Yang kesepuluh, akhirnya ending juga. Ini adalah address paling penting buat yang Aplikasi Google-nya pernah dicuri, diretas, dihack dan sebagainya. Dengan tautan rahasia ini, Google bakalan mereset admin password kalian. Kalian bakalan diminta oleh Google untuk memverifikasi nama domain kalian dengan embuat CNAME records di DNS kalian. Link udah ada di bawah.

https://admin.google.com/domain.com/VerifyAdminAccountPasswordReset

Sekian dari post TahuNggakTahu - 10 Link/URL yang Harus diketahui Pengguna produk Google di atas, semoga bermanfaat bagi para pengguna akun Google yang ada dan selalu berhati-hati, maaf kalau ada salah kata yang admin tak sengaja ucapkan dan terakhir Terima kasih sudah membaca. Jangan lupa di share postnya :D and selalu beri sumber buat yang mau ngutip dan copas ... (y) oke ... Bye ! SalamBloggerMania


Sumber : CHIP
http://blog-berbagi-pengetahuan.blogspot.com/2014/09/tahunggaktahu-10-linkurl-yang-harus.html 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Rules Comment / Aturan Komentar :
*Berkomentarlah dengan baik tanpa mengucapkan kata-kata yang tidak berkenan di hati para pengunjung blog ini dan admin.
*Komentar yang kurang baik akan di hapus tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Jika ada saran dan pendapat tentang pengembangan blog ini, anda bisa langsung menghubungi Admin via :
Email : louisleonardlengkey@gmail.com or louislengkey@yahoo.com
Facebook : https://www.facebook.com/LouisLeonardLengkey (Louis Leonard Lengkey)
"Bisa liat lecana facebook admin di sebelah kanan halaman blog ini."
Twitter : @Louis_Lengkey
BBM : 73CDE391
Line : louisleonardlengkey

Popular Posts

handphone-tablet