Selamat Datang di Blog Berbagi Pengetahuan ! Look and Read my Post ! :)

Advertisement

.:: Daftar Isi ::.

Jumat, 19 September 2014

Jaringan Komputer - Penjelasan tentang Jaringan Komputer Part 1 - Network Model

Ketemu lagi dengan admin dalam menjelaskan sebuah materi yang sudah dijelaskan oleh dosen admin, terus dikasih tugas untuk menjelaskannya kembali didepan publik dunia maya agar membantu teman-teman pemula dalam memahami hal-hal yang berhubungan dengan Jaringan Komputer.

Network Model

Komunikasi Data

          Dari yang admin dapat di kuliah, Komunikasi Data itu adalah pertukaran data antara dua perangkat melalui media transmisi tertentu.
Contohnya seperti saat kita bicara, kita berbicara kepada seseorang dengan mengirimkan suara yang akan kita bicarakan melewati medium dan diterima oleh orang yang akan kita kirimkan yang didalam suara tersebut terdapat pesan pembicaraan dan berbicara sesuai dengan aturan berbicara saat memulai pembicaraan. Contoh tadi itu sama seperti  5 Komponen Komunikasi Data, yaitu

Sender - Medium - Receiver - Message - Protocol

Data Flow / Aliran Data
          Aliran data ini mempunyai 3 aliran yang dibedakan berdasarkan waktu dan yang admin dapat pada kuliah yaitu, Simplex, Half Duplex dan Full Duplex.
1. Simplex : merupakan hubungan aliran 1 arah. Contohnya seperti Laptop dengan LCD, yang hanya dikomunikasikan dengan 1 arah saja.


2. Half Duplex : merupakan hubungan aliran 2 arah, tapi untuk berkomunikasinya tidak bisa secara bersamaan, harus bergantian. Contohnya Handy Talky, mereka berkomunikasi dengan 2 arah tapi tidak secara bersamaan, harus bergantian.


3. Full Duplex : merupakan hubungan aliran 2 arah secara bersamaan. Contohnya seperti handphone, mereka berkomunikasi secara bersamaan.


Network / Jaringan
           Jaringan merupakan kumpulan perangkat (node/simpul) yang dihubungkan oleh jalur komunikasi. Simpul dapat berupa komputer (PC), printer, router, modem, switch, repeater, dll.
Tipe koneksi yang admin dapat di kuliah itu ada 2, Point to Point dan Multipoint.
1. Point-to-point : merupakan jaringan yang hanya diketahui oleh 2 orang dan tidak diketahui oleh orang lain atau kata lainnya “Dunia milih kita berdua” :D wakwkawkakw … #Joke

2. Multipoint : merupakan jaringan yang dipakai oleh semua orang alias make bersama atau “Dunia milik kita bersama” :D wkawkakwakw … 

Topologi Jaringan

Topologi Jaringan yang admin dapat di kuliah yaitu ada 4 :
Mesh - Star - Bus - Ring


Topologi Jaringan Mesh
          Topologi Jaringan Mesh merupakan jaringan yang terhubung dengan semua penerima, komputer atau mesin seperti tipe jaringan Point-to-point yang admin jelaskan sebelumnya.


Topologi Jaringan Star
          Topologi Jaringan Star merupakan jaringan yang terhubungan dengan satu central atau switch. Tipe jaringan ini sama juga seperti yang di penjelasan sebelumnya yaitu Point-to-point.


Topologi Jaringan Bus dan Ring
          Topologi Jaringan Bus dan Ring merupakan jaringan yang dipakai hanya pada 1 jalur utama tapi topologi jaringan Bus dan Ring mempunyai perbedaan. Perbedaannya, kalau di Topologi Jaringan Bus ada akhir dari sebuah jalur seperti tali yang berujung sedangkan Topologi Jaringan Ring sama seperti topologi Jaringan Bus tapi berbentuk Ring atau Cincin yang tak berujung. Tipe yang ini tidak seperti penjelasan sebelumnya, yaitu Multipoint. 

Topology Jaringan Hybrid
          Topologi Jaringan Hybrid merupakan jaringan gabungan antara semua Topologi Jaringan yang ada. Tipe Jaringan untuk yang ini yaitu Multipoint.


Klasifikasi Network
          Klasifikasi Network, pasti semua orang yang berkecimpung di bagian jaringan sudah pada tahu yaitu ada 3, Local area Network (LAN), Metropolitan area Netwok (MAN), Wide area Network (WAN).
  1. Local area Network (LAN)
  2. Metropolitan area Netwok (MAN)
  3. Wide area Network (WAN)
Protocol
          Protocol bisa diartikan sebagai aturan (rule). Kumpulan aturan yang mengatur komunikasi data. Protocol inilah yang mengatur :
  • data-data apa yang akan dikirimkan ?
  • bagaimana mengirimkan ?
  • kapan dikirimkan ?
Berikut ini adalah penjelasan singkat tentang 3 element yang ada dalam protocol :
  1. Syntax : Struktur atau format dari sebuah data
  2. Semantik : Makna dari setiap block/section bit
  3. Timing : Kapan data dikirimkan dan berapa banyak data yang bisa dikirimkan.
Contoh dari protocol tersebut seperti : HTTP, FTP, TCP, IP, dll.

Standart
          Dari yang admin pelajari dikuliah maksud dari standart ini dalam mata kuliah ini adalah aturan yang  disepakati. Aturan-aturan tersebut ada 2, yaitu :
  1. De Facto : hasil konvensi
  2. De Jure : melalui regulasi badan yang berhak mengatur
Internet
          Internet, pasti setiap orang sudah pada tahu tentang internet. Menurut yang dosen admin jelaskan Internet itu dapat dapat diartikan sebagai jaringan komputer luas dan besar yang mendunia, yaitu menghubungkan pemakai komputer dari suatu Negara ke Negara yang lain di seluruh dunia, di mana di dalamnya terdapat berbagai sumber daya informasi dari mulai yang statis hingga yang dinamis dan interaktif.

Terima kasih sudah membaca post Penjelasan tentang Jaringan Komputer - Part 1 ini. Untuk yang mau share jangan lupsa sertakan sumber dan URL dari blog ini :) ... Selamat membaca :) ...

Sumber : Lecture 01, Introduction Jaringan Komputer, Xaverius Najoan, 2014

Halaman terkait :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Rules Comment / Aturan Komentar :
*Berkomentarlah dengan baik tanpa mengucapkan kata-kata yang tidak berkenan di hati para pengunjung blog ini dan admin.
*Komentar yang kurang baik akan di hapus tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Jika ada saran dan pendapat tentang pengembangan blog ini, anda bisa langsung menghubungi Admin via :
Email : louisleonardlengkey@gmail.com or louislengkey@yahoo.com
Facebook : https://www.facebook.com/LouisLeonardLengkey (Louis Leonard Lengkey)
"Bisa liat lecana facebook admin di sebelah kanan halaman blog ini."
Twitter : @Louis_Lengkey
BBM : 73CDE391
Line : louisleonardlengkey

Popular Posts

handphone-tablet