Selamat Datang di Blog Berbagi Pengetahuan ! Look and Read my Post ! :)

Advertisement

.:: Daftar Isi ::.

Minggu, 04 Oktober 2015

Contoh Bisnis Plan : TriL21 Shop (Online Shop)

Abstrak

          Berawal dari beli barang online dan akhirnya terinspirasi untuk mencoba belajar bisnis online local. Bisnis ini bergerak dibidang teknologi dengan nama shop “TriL Shop”. Bisnis yang saya mau jalankan ini hanya lewat internet (online) lebih tepatnya media sosial dengan modal yang masih di bawah. Berharap bisa dapat modal tambahan dengan modal awal yang masih cukup minim. Modal usaha sebesar Rp. 800.000 per bulan dengan rincian terlampir.


Pendahuluan


          Teknologi saat ini berkembang dengan cepat begitu juga alat-alatnya. Kebutuhan di dunia teknologi seperti laptop, komputer, aksesoris laptop dan komputer, printer, komponen komputer yang hampir tiap bulan 3-5 bulan update terbaru sangat dibutuhkan dan dicari setiap konsumen apalagi konsumen-konsumen dibidang IT. Di Manado, barang yang berhubungan dengan teknologi itu sangat lambat updatenya jadi berhubung saya ada kenalan diluar Manado saya mencoba untuk bekerja sama dengan orang tersebut.

          Di sini saya hampir sama dengan jasa pembelian barang di luar manado tapi di sisi lain saya seperti online shop karena saya juga akan memberikan katalog barang yang akan saya jual lewat media social. Soal harga, tidak jauh dengan pasaran. Penyesuaian harga di Manado tetap berlaku.

Nama Usaha


Nama usaha yang saya akan buat TriL21 Shop

Nama dan Alamat Penanggung Jawab


Penanggung Jawab : Louis Leonard Lengkey


Aspek Pemasaran


Produk Yang Dihasilkan

          Produk yang saya jual berupa barang elektronik komputer dan laptop beserta aksesorisnya. Di sini saya mau mencoba bekerja sama dengan supplier pertama yang ada di luar kota Manado yang menyediakan produk :

  • Aksesoris Komputer dan Laptop : Flash Disk, Kabel HDMI, Screen Protector LCD Laptop dan Komputer, Mouse, Headphone dll.
  • Komponen Komputer dan Laptop : RAM, Harddisk, SSD, dll
  • Laptop (produk yang ini jika proses bisnis sudah berjalan lama dan dipercaya oleh supplier pertama)


Target atau Segmen Pasar


          Untuk target bisnis saya yaitu pelajar mahasiswa ataupun siswa, dosen dibidang IT dan masyarakat umum. Dari kalangan lain bisa yang penting masih di daerah Manado, soalnya produksi hanya bisa local saja.

Situasi Persaingan


          Bisnis saya ini masih dalam tahap baru mulai untuk persaingan di daerah Manado juga sudah ada beberapa yang saya liat sudah lebih dulu dari saya dan mereka sudah mendapatkan penghasilan yang lumayan. Untuk itu saya juga mencoba agar tidak putus asa untuk itu dan mencoba untuk memulainya. Kualitas produk yang saya dapat saya pastikan bagus dan aman sampai tujuan. Harga yang beda-beda tipis mungkin bisa diperhitungkan. 


http://blog-berbagi-pengetahuan.blogspot.com/2015/10/contoh-bisnis-plan-tril21-shop-online.html

Masalah Penetapan Harga


          Harga yang saya berikan sudah termasuk biaya transportasi ambil produk dan mempertimbangkan biaya pengiriman serta harga supplier. Harga produk yang sudah saya perhitungkan berkisar :

· Aksesoris Komputer dan Laptop : Rp. 40.000,00 – Rp. 500.000,00

· Komponen Komputer : Rp. 375.000,00 – Rp. 2.000.000,00

· Laptop Rp. 5.900.000,00 – Rp. 10.200.000,00

Periklanan dan Promosi


          Promosi yang kami lakukan melewati dunia maya alias media social seperti facebook, twitter, Instagram, path, line, bbm, whatsapp dll. Saya juga akan mencoba menempelkan beberapa poster dan disebarkan diseluruh fakultas di kampus saya.

Jam Operasional Usaha


          Beroprasi mulai dari jam 10.00 WITA s.d. 20.00 mulai dari hari Senin sampai Sabtu (hari libur tidak beroperasi) 



Rencana Keuangan

 

Rencana Pengeluaran 

Penutup


           Di bisnis ini saya coba mencari penghasilan dari tingkat kebutuhan konsumen di kampus saya. Pelajaran bisnis ini akan saya mulai jika modal awal yang saya butuhkan sudah tercapai dan semua kebutuhan bisnis sudah terpenuhi. Dari yang saya perhitungkan, bolehlah saya mendapatkan keuntungan yang cukup bersih untuk memuaskan hati dengan bisnis online kecil ini dan semoga bisa berlanjut dan memberikan keuntungan di masa depan.

-----------

*Yang saya tulis di atas benar-benar ide saya yang keluar dari otak secara spontan sekitaran waktu SMA tapi sampe sekarang belum terwujud karena belum pernah mencoba bisnis online sebelumnya :).

Sumber referensi penulisan : Contoh Bisnis Plan : She Shop (Online Shop)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Rules Comment / Aturan Komentar :
*Berkomentarlah dengan baik tanpa mengucapkan kata-kata yang tidak berkenan di hati para pengunjung blog ini dan admin.
*Komentar yang kurang baik akan di hapus tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Jika ada saran dan pendapat tentang pengembangan blog ini, anda bisa langsung menghubungi Admin via :
Email : louisleonardlengkey@gmail.com or louislengkey@yahoo.com
Facebook : https://www.facebook.com/LouisLeonardLengkey (Louis Leonard Lengkey)
"Bisa liat lecana facebook admin di sebelah kanan halaman blog ini."
Twitter : @Louis_Lengkey
BBM : 73CDE391
Line : louisleonardlengkey

Popular Posts

handphone-tablet